Thursday, June 2, 2016

Nafas Wangi dengan Mouthwash Setiap Hari

Listerine Indonesia

Siapa yang tak ingin memilih nafas yang segar? Mulut sehat, bersih dan wangi pasti membuat kita makin percaya diri. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa tentu sudah memikirkan bagaimana agar mulut kita terasa bersih, segar dan harum. 

Tidak akan ada yang tahan untuk berlama-lama mengobrol jika bau mulut sudah terlampau menyengat. Oleh karena itu, ada banyak cara yang digunakan untuk menjaga kesehatan mulut seperti mengonsumsi buah, sayur dan makanan dengan zat besi seperti susu dan keju agar gigi makin kuat.

Selain dengan menjaga pola makan yang baik, sikat gigi yang baik dan cara membersihkan yang tepat bisa dilakukan. Namun apakah dua aktivitas tersebut cukup? Ada baiknya jika kita juga menggunakan mouthwash terbaik.

Apa yang menjadikan mouthwash patut untuk dibeli? Pertama adalah kegunaan mouthwash yang memang diperlukan untuk kesehatan gigi dan mulut. Cairan ini bekerja dengan cara membilas seluruh bagian mulut kita yang terkena bakteri dari makanan dan minuman. Bayangkan saja, ada banyak bakteri di dinding dan langit-langit mulut yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi apalagi benang floss. Bakteri ini merupakan penyebab utama bau mulut. Dinding dan langit-langit mulut memang tidak bisa dibersihkan dengan cara disikat melainkan dengan berkumur. Dalam hal ini, air mampu membilas namun mouthwash mampu membunuh bakteri. Hebat, bukan?

Dalam memilih obat kumur, kita harus memperhatikan zat apa saja yang terkandung di dalamnya. Mouthwash terbaik memiliki kandungan antiseptik pembunuh kuman dan minyak esensial seperti menthol, thymol, methyl salicylate dan eucalyptol.  Menthol memberikan efek yang menyegarkan saat dan setelah digunakan. Sedangkan methyl salicylate mampu mengurangi radang gusi yang sering disebabkan oleh pemakaian sikat gigi yang terlalu keras.

Semua kandungan minyak dalam obat kumur tentu juga mampu menjaga kelembapan area mulut dan gusi. Lalu bagaimana cara menggunakan obat ini? Tentu saja tidak digunakan sesaat setelah mengonsumsi makanan namun setelah menggosok gigi. Dalam tiap kemasan obat kumur pasti sudah terdapat takaran yang dianjurkan. Kita bisa menggunakan tutup botol sebagai acuan. Pada umumnya, seseorang akan menuangkan sekitar 1 tutup botol obat kumur atau sekitar 20 ml lalu menggunakannya dalam waktu 1-2 menit.

Saat berkumur, ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti tidak lupa untuk menutup mulut rapat-rapat dan mendorong cairan ke semua daerah mulut terutama bagian sela-sela gigi. Akan muncul sensasi dingin dan pedas saat Anda menggunakan mouthwash ini. Gunakan juga metode kanan-kiri dalam berkumur dan pastikan bagian geraham juga terkena dengan seksama. Perlu diingat untuk tidak menelan obat kumur karena kandungannya yang memang tidak untuk dikonsumsi.

Dalam pemakaian mouthwash, disarankan untuk terus melakukan pengawasan terutama jika anak-anak ingin mulai belajar menggunakannya. Pilih saja obat kumut tanpa kandungan floride serta kandungan penyegar yang ringan.

Dengan menggunakan obat kumur secara rutin, kemungkinan berkembangannya bakteri akan mengecil dan tentunya pengguna juga akan terhindar dari kondisi bau mulut kronis. Bau mulut kronis disebabkan oleh kurangnya perawatan gigi dan mulut. Saat ini ada banyak sekali pilihan wangi dan rasa sesuai dengan keinginan kita. Selain dapat digunakan di rumah, banyak kemasan kecil yang bisa kita pakai saat beraktivitas di luar setelah makan siang misalnya.

Kalau mulut sudah segar, kita juga akan merasa lebih semangat menjalani hari-hari, bukan?


No comments:

Post a Comment