Wednesday, June 29, 2016

Bagaimana Cara Mencegah Gigi Berlubang yang Benar?

cara mencegah gigi berlubang
Listerine Indonesia

Kesehatan merupakan suatu hal yang wajib dijaga oleh setiap orang, meliputi kulit, organ tubuh hingga mulut. Bagian mulut merupakan bagian tubuh yang paling sering dilihat oleh orang lain, oleh karena itulah kamu haruslah memastikan agar kondisi mulut atau gigimu dalam kondisi yang baik dan tanpa masalah.



Memiliki gigi dan mulut yang sehat akan menjadi kebanggaan sendiri bagi yang memilikinya, namun akan menjadi momok menakutkan bagi yang tidak. Tentu, kamu tidak ingin mendapati ada orang yang mengatakan, “gigimu kok kuning?”, “gigimu berlubang”, “mulutmu bau”, atau komentar-komentar lain terhadap mulutmu.

Oleh karena itu kamu haruslah menjaga sejak dini agar tidak terjadi pada diri kamu di kemudian. Masalah yang sering dialami dan sulit diatas adalah gigi berlubang. Gigi berlubang merupakan suatu masalah yang mengakibatkan munculnya lubang kecil atau besar pada bagian gigi, dan jika dibiarkan terlalu lama akan semakin besar dan menjadi hitam.

Masalah gigi berlubang ini tentunya akan sangat sulit dihilangkan bila sudah terjadi pada gigi kamu lho. Oleh karena itu, bila masih belum terjadi, cobalah untuk melakukan 4 cara mencegah gigi berlubang yang benar berikut ini. Semua berawal dari gaya hidup, jadi mulai sekarang gantilah gaya hidupmu sesuai poin-poin berikut ya.

1.     Jaga Makanan
Makanan menjadi alasan utama timbulnya plak gigi jika makanan yang kamu makan sehari-harinya tak segera kamu bersihkan. Dan jika tertimbun lama di gigi, tentunya plak gigi tidak dapat kamu hindarkan. Perlu kamu ketahui, bahwa plak inilah yang menyebabkan masalah lain terutama gigi berlubang dan bau mulut.

Oleh karena itu, mulai dari sekarang agar kamu tidak mendapati plak gigi dan gigi berlubang pada gigi kamu, cobalah untuk selalu membersihkan gigimu setiap sehabis makan ya. Semakin sering dan rajin kamu membersihkannya, maka akan semakin baik juga bagi gigi kamu, begitupun sebaliknya lho. Lalu, bagaimana cara membersihkannya?

2.     Mengunyah
Cara yang paling mudah untuk membersihkan gigi dari makanan atau plak adalah dengan banyak mengunyah. Semakin banyak mengunyah, maka setiap kunyahan tersebut akan sangat berguna untuk membersihkan gigi kamu, mulai dari makanan hingga plak yang sudah ada di gigi kamu.

Cobalah untuk selalu mengunyah makanan setiap hari, dan akan lebih baik bila kamu mengunyah tebu. Selain rasanya yang manis, akan sangat ampuh untuk membersihkan serta memutihkan gigi secara alami.

3.     Gosok Gigi
Satu dari sekian banyak cara untuk membersihkan gigi adalah dengan menggosok gigi. Gosok gigi sangat ampuh untuk membersihkan gigi dari kuman, bakteri serta sisa-sisa makanan yang terdapat pada gigi. Juga, dengan menggosok gigi juga sangat ampuh untuk menjangkau seluruh area gigi, sehingga dipastikan seluruh gigi kamu akan terjaga.

Cobalah untuk selalu menggosok gigi setidaknya dua kali sehari ya, yaitu pada waktu pagi hari setelah makan atau malam hari sebelum tidur. Kamu pun boleh menambahnya pada sore hari setelah kamu beraktivitas seharian ya.

Untuk hasil yang maksimal, cobalah untuk menggunakan pasta gigi yang memiliki kandungan terbaik serta sikat gigi yang memiliki kontur yang dapat menjangkau gigi kamu ya.

Namun yang paling penting dari ketiga hal tersebut adalah dengan berkumur. Karena sebenarnya, berkumur ini adalah cara terbaik menjaga 100% area mulut agar terbebas dari kuman dan bakteri. Nah, jadi cobalah untuk melakukan 4 hal diatas sebagai gaya hidupmu ya. Jangan sampai lalai dan malas ya.

No comments:

Post a Comment