Sunday, July 31, 2016

5 Cara Mengatasi Bau Mulut dengan Mudah dan Cepat

cara mengatasi bau mulut
Listerine Indonesia

Bau mulut merupakan kondisi mulut yang mengeluarkan bau tidak sedap karena beberapa alasan tertentu, sehingga dapat menganggu orang di sekitar bila masalahnya semakin parah. 



Faktor utama yang menjadi alasan seseorang mengalami mulut yang bau adalah gaya hidup yang tidak sehat. Jadi bagi kamu yang telah mengalami masalah ini, pikirkanlah gaya hidup kamu sebelumnya apakah baik bagi mulutmu ataukah tidak.

Menjadi hal yang memalukan kan bila ada temanmu bilang, “mulutmu kok bau?, “nggak sikat gigi ya?”, atau cemoohan lain? Bau mulut memang terjadi karena gaya hidup kamu sebelumnya, namun tenang saja karena kamu masih dapat mengatasi masalah tersebut dengan mengubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat.

Terdapat banyak cara yang dapat kamu tempuh lho untuk memiliki mulut idamanmu, namun butuh pengkondisian bila sebelumnya kamu sudah terbiasa melakukan gaya hidup tidak sehat. Demi masa depan dan kenyamananmu, tentu segala cara akan kamu lakukan kan?

Baik, informasi cara mengatasi bau mulut berikut tentunya akan sangat bermanfaat bagi kamu yang sedang mengalaminya. Perhatikan setiap poin berikut dan segera lakukan sebagai gaya hidupmu ya. Semakin baik kamu melakukan tips berikut, tentu akan semakin cepat juga masalahmu tersebut akan hilang.

1.     Mengunyah Makanan atau Makan Permen
Yang perlu kamu tahu, pada saat mulutmu mengeluarkan bau mulut yang tak sedap, tentu terdapat banyak kuman dan bakteri yang ada di mulutmu. Nah, kuman dan bakteri tersebut sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya karena air liur yang telah kamu produksi setiap harinya.

Air liur sendiri akan semakin banyak diproduksi ketika mulut bekerja secara normal, yaitu untuk memakan sesuatu. Lalu, bagaimana jika tidak mulut tidak bekerja untuk mengunyah? Tentu produksi air liurmu sedikit dan berimbas pada munculnya bau mulut. Cara terbaik mengatasi hal tersebut adalah dengan mengunyah makanan, namun jika hal tersebut tidak bisa kamu lakukan karena terlalu kenyang atau alasan lain, alternatif lainnya adalah dengan makan permen.

Jadi, hindarilah mulut kamu yang selalu diam agar produksi air liurmu lebih banyak ya, sehingga kamu akan terhindar dari bau mulut.

2.     Kurangi Makanan Berbau Tak Sedap
Jika hal ini sering kamu lakukan, pantas saja mulutmu sering mengeluarkan bau. Jika kamu sering makan makanan yang berbau menyengat seperti petai atau jengkol, sebaiknya kamu hentikan sekarang juga ya. Namun bila kamu menyukai makanan tersebut, sebaiknya dikurangi.

3.     Berhenti Merokok Bagi yang Melakukan!
Merokok tak hanya menyebabkan penyakit berbahaya seperti kanker dan impotensi, ternyata merokok juga menjadi pemicu timbulnya bau mulut pada mulutmu. Jika sebelumnya kamu merokok, berhentilah sekarang juga agar tak semakin parah dampaknya bagi kesehatanmu. Memang sulit untuk melakukannya, namun kamu bisa menggunakan permen, coklat, buah atau makanan ringan lainnya.

4.     Jaga Kesehatan Gigi
Jika bau mulutmu disebabkan karena adanya plak (sesuatu berwarna kuning kecoklatan pada gigi) atau gigi berlubang, maka segeralah untuk mengatasinya. Kamu dapat pergi ke dokter untuk berkonsultasi mengenai gigimu, atau melakukan penanganan pembersihan atau dicabut.

5.     Jaga Kebersihan Mulut
Ini merupakan hal penting yang harus kamu lakukan. Tak hanya bau mulut saja lho, ternyata berbagai masalah mulut lain bisa terjadi bila mulutmu kamu tidak bersih dan dipenuhi kuman dan bakteri. Mulai dari sekarang, gosoklah gigimu setidaknya dua kali sehari pada pagi hari dan malam hari dengan menggunakan sikat gigi dan pasta gigi terbaik. Dan berkumur menggunakan mouthwash terbaik LISTERINE juga menjadi hal wajib untuk kamu lakukan jika ingin memiliki mulut yang sehat.

Nah, 5 tips diatas akan membuat mulutmu jadi sehat. Sebenarnya tak hanya bau mulut saja yang akan hilang, masalah-masalah lain bila kamu juga mengalaminya, tentu akan hilang juga bila kamu melakukannya dengan benar dan rutin lho.

No comments:

Post a Comment